Maksud dan tujuan rehabilitasi sosial disabilitas fisik:

  1. Meningkatnya kemandirian penyandang disabilitas fisik dalam aktifitas sehari-hari seperti pemeliharaan kesehatan diri, pengendalian emosi, kemampuan menjalin relasi dan interaksi dengan keluarga dan lingkungan serta meningkatnya kemampuan dalam penguasaan keterampilan dan beribadah.
  2. Meningkatnya kepedulian orang tua dan keluarga terhadap keberadaan penyandang disabilitas fisik.
  3. Meningkatnya kepedulian masyarakat dalam menerima kehadiran penyandang disabilitas fisik dan memberikan kesempatan dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
  4. Rehabilitasi Sosial ditujukan kepada seseorang yang mengalami kondisi disabilitas fisik, yaitu terganggunya fungsi gerak

Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik dapat dilakukan baik didalam lembaga maupun di luar lembaga. Rehabilitasi Sosial di dalam lembaga dapat dilakukan baik oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten kota maupun masyarakat. Rehabilitasi sosial di luar lembaga dilakukan oleh keluarga dan masyarakat.

Rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik yang dilakukan oleh pemerintah dilakukan oleh Kementerian Sosial. Sedangkan yang dilakukan oleh pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dilakukan oleh dinas/instansi sosial provinsi dan dinas /instansi sosial kabupaten/kota.

Jangka waktu pelaksanaan pemberian pelayanan Rehabilitasi Sosial disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi disabilitas fisik.Jangka waktu pelaksanaan pemberian pelayanan rehabilitasi sosial di dalam lembaga pemerintah, pemerintah daerah dan Lembaga Kesejahteraan Sosial paling lama 24 bulan. Dalam hal penyandang disabilitas fisik setelah selesai mendapatkan pelayanan di dalam lembaga dapat dikembalikan kepada keluarga melalui PemerintahKab./Kota dengan mendapatkan pendampingan dari lembaga yang bersangkutan dan/atau lembaga lain. Dalam hal kondisi penyandang disabilitas fisik yang tidak memiliki keluarga /keluarga pengganti atau terlantar, maka lembaga dapat melakukan rujukan ke lembaga lain sesuai dengan kebutuhannya

Hal-hal yang berkaitan dengan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik adalah:

Rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik terbagi atas 2 yaitu:

  1. Rehabilitasi sosial di dalam panti
  2. Rehabilitasi sosial di luar panti

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Kontak Kami