Disabilitas Intelektual adalah Salah satu dari tiga macam jenis Disabilitas, yaitu Disabilitas Fisik, Disabilitas Intelektual dan Disabilitas Mental. Kali ini kita akan bahas lebih dalam mengenai Disabilitas Intelektual dan Bagaimana Cara melakukan Deteksi Dini terhadap Kecenderungan Disabilitas Intelektual

Lain halnya dengan jenis Disabilitas Fisik dan Mental yang memiliki kekhasannya masing-masing, Disabilitas Intelektual agak sulit untuk di deteksi. Selain Karena seringnya secara Fisik dan Mental nyaris Tidak ada perbedaan dengan Non Disabilitas Intelektual. Bahkan seringnya saru antara Disabilitas Intelektual Dengan Kemampuan belajar rendah dibawah rata-rata seperti Jenis Kelambatan Belajar (Slow Learner)

Agar Disabilitas Intelektual dapat dideteksi dan ditangani sedari dini (sama seperti Disabilitas lainnya, maka penting untuk Orang Tua (Orang Awam non Medis) dapat melakukan Deteksi Dini terhadap Anak Disabilitas Intelektual. Yang dimaksud Deteksi Dini adalah Usaha-usaha untuk mengetahui ada tidaknya - kelainan atau Kerusakan fisik atau gangguan perkembangan mental atau Perilaku anak - yang menyebabkan Disabilitas secara dini dengan menggunakan metode perkembangan anak.

Sedangkan yang dimaksud dengan Disabiltas Intelektual adalah Setiap Individu (anak maupun dewasa) yang mengalami keterbatasan fungsi pikir dan atau fungsi adaptif dikarenakan tingkat kecerdasan di bawah rata-rata, yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama, paling singkat 6 bulan dan atau permanen. Selain itu juga mengalami hambatan dalam beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungan.

Maka Deteksi Dini Disabilitas Intelektual adalah Deteksi dini untuk melihat dan menduga ada atau tidaknya kecenderungan Disabilitas Intelektual pada individu (Anak), Mengacu kepada Norma yang ada pada tugas perkembangan anak sesuai usianya.

Lebih awal kita (khususnya Orangtua dan atau awam non medis) mengetahui dugaan kecenderungan Disabilitas Intelektual ini maka dapat segera dilakukan intervensi antara lain dengan melakukan rujukan dan intervensi dari ahli, antara lain Ahli Medis, Ahli Tumbuh Kembang Anak dan Ahli Terapi.

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Kontak Kami